Jika Melihat Payudara Mulai Tumbuh, Ini yang harus Anda lakukan

"Saat pertama kali payudara mau tumbuh, rasa aneh menyeliputi pikiran saya," demikian pengakuan dan tulisan di kompasianblog.  Tidak tahu apa yang terjadi, tiba-tiba payudara terasa sangat sakit. Rasa sakit itu berlangsung sampai berhari-hari dan kemudian saya mengeluhkan ke ibu saya.

Tanpa berkata apa-apa, ibu langsung memencet payudara saya begitu saja, tentu saja rasa sakitnya sampai ke ubun-ubun hingga membuat saya menjerit. Pengalaman ini tentu saja tidak hanya dirasakan oleh penulis saja. Semua wanita pasti pernah merasakannya.

Baca Juga


Ibu lalu berkata sambil tersenyum aneh, “Oh, payudaramu sudah meringkil”. Itu saja yang beliau katakan tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Mungkin ibu saya juga bingung harus menjelaskan apa dan bagaimana kepada saya waktu itu yang masih berusia 10 tahun. Ketidaktahuan orangtua akhirnya membuat saya membiarkan saja apa yang terjadi pada tubuh saya sambil bertanya-tanya, “Normalkah saya?”. Secara diam-diam, saya mengamati siapa saja teman saya yang payudaranya sudah mulai tumbuh dan membesar.

Begitu melihat bahwa ada beberapa teman yang payudaranya mulai menonjol, saya merasa senang karena tidak sendiri. Saya ingat, teman saya yang payudaranya sudah cukup besar untuk golongan usianya seringkali diganggu oleh teman-teman laki-laki, dipermainkan bra/kaus dalamnya bahkan diejek dengan nyanyian-nyanyian yang bernada melecehkan.

Sedangkan teman laki-laki saya yang kelihatan sudah mulai terjadi perubahan pada fisiknya biasanya akan diserahi tanggung jawab lebih seperti memimpin regu atau kelompok tertentu atau menjalankan tugas-tugas lainnya.


Teori tentang Pubertas dan Payudara Baru Tumbuh


Apa yang terjadi? Pubertas. Hormon seksual genadotropin releasing hormonne telah bekerja. Hormon inilah yang bertanggung jawab sebagian pada pertumbuhan tanda-tanda seksual dan bertanggung jawab penuh dalam produksi sel-sel telur dan spermatozoa. (Mehmet C. OZ, 2012).

Anak perempuan biasanya memasuki pubertas pada usia 8 – 12 tahun, sedangkan anak laki-laki biasanya dua sampai tiga tahun lebih lambat dibandingkan anak perempuan. Bagi anak laki-laki, begitu pubertas dimulai mereka terus tumbuh dan berkembang lama setelah anak perempuan berhenti. Itulah sebabnya kebanyakan orang dewasa laki-laki lebih tinggi dari kebanyakan orang dewasa perempuan (Miron, 2006).

Ada ahli yang mengatakan bahwa masa pubertas terjadi sebelum munculnya menstruasi dan mimpi basah. Secara fisik dalam tubuh remaja terjadi perubahan-perubahan yang sangat cepat.


Pertumbuhan-pertumbuhan fisik yang mencolok seperti mulai menonjolnya payudara dan berubahnya suara anak laki-laki menjadi berat. Kemudian pada pinggul, pantat, paha juga membesar. Rambut tumbuh di ketiak dan area pubisnya. Testikel dan penis mulai tumbuh bersamaan dengan rambut ketiak dan pubis.

Rambut-rambut di wajah bermunculan dengan subur, pertama di atas bibir, kemudian di sebagian wajah dan tubuhnya. Lengan, betis, tangan dan kaki tumbuh terlebih dulu menyebabkan anak-anak remaja menjadi jangkung dan canggung. Jerawat dan bau keringat juga mulai muncul yang membuat anak-anak remaja menjadi tidak percaya diri.


Peran Penting Orang Tua dalam Masa Pubertas


Di sinilah peran penting orangtua. Kejadian yang menimpa saya di awal masa remaja saya sebenarnya bisa disikapi dengan kepedulian dan rasa empati. Sebagai orangtua kita bisa mengatakan:

“ Ibu/Ayah tahu, tubuhmu mulai berubah. Mungkin perubahan ini membuatmu merasa malu dan canggung. Menurut Ibu/Ayah itu hal yang wajar, tapi kami yakin kamu akan terbiasa dengan perubahan-perubahan dalam tubuhmu.  Berbagilah dengan kami, bagaimana perasaanmu mengalami perubahan-perubahan ini? Katakan saja apa yang bisa kami lakukan agar kamu bisa melewati perubahan-perubahan ini dengan lebih nyaman”.

Pesan penting yang mesti diperhatikan oleh orangtua dalam menghadapi masa ini adalah:

  • 1.Pubertas mulai dan berakhir pada usia yang berbeda bagi masing-masing orang
  • 2.Tubuh tiap orang berubah sesuai kecepatan masing-masing. Tidak ada cara yang benar atau salah dalam melalui pubertas.
  • 3.Tidak perlu berharap ‘lebih’ dari anak-anak yang berkembang lebih dini dibandingkan teman-temannya yang berkembang lebih lamban.

Baca Juga

Cara Mengatasi Masa PUBERTAS-TANYA JAWAB    

Payudara Anak Cepat Tumbuh, Pelajari Sebabnya Disini    

Cara Memainkan Payudara untuk Kepuasan Istri        

Usia Mayoritas Masa Pubertas Anak    

Jika Melihat Payudara Mulai Tumbuh, Ini yang harus Anda lakukan


Pada masa ini orangtua sebaiknya mulai menyertakan informasi mengenai pertumbuhan payudara, ereksi, mimpi basah, menstruasi, jerawat dan reproduksi manusia. Kita juga bisa meminta pendapat mereka, mendiskusikan dan menyertakan pandangan kita sendiri mengenai nilai-nilai yang kita anut sambil terus menerus  membantu anak untuk membangun sikap penghargaan terhadap diri sendiri, ketegasan dan pembuatan keputusan yang baik.

Penyebab Pertumbuhan Payudara Anak Perempuan Semakin Dini


BANGKAPOS.COM - Anak perempuan kini mengalami pertumbuhan payudara lebih awal dibanding generasi sebelumnya. Ada berbagai faktor yang memicunya.

Usia pubertas anak sebenarnya tidak berubah, tetapi pertumbuhan payudara, memang muncul lebih cepat. Dibandingkan generasi sebelumnya, kini anak perempuan mengalami pertumbuhan payudara dua tahun lebih awal.

"Sulit menentukan satu penyebab mengapa anak-anak perempuan sekarang ini mengalami pertumbuhan payudara lebih dini," kata Dr.Elizabeth Thompson, pakar bidang kesehatan payudara.

Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebabnya.

1. Obesitas
Sebuah studi yang dipublikasikan November 2013 di jurnal Pediatrics menyebutkan, berat badan berlebih atau obesitas menjadi pemicu payudara anak perempuan tumbuh lebih cepat.

Selain obesitas, menurut Dr.Marcia Herman-Giddens, faktor pola makan juga berpengaruh. "Konsumsi daging yang terlalu sering dan asupan serat yang kurang juga berperan. Ditambah lagi anak sekarang kurang banyak bergerak dan stres yang tinggi," katanya.

2. Zat kimia pengganggu hormon
Tubuh anak-anak sangat sensitif pada zat kimia sintetis yang mengaktifkan hormon endokrin (EDCs) yang ditemukan pada protein hewani, plastik, pestisida dan juga parfum.

Endokrin ini berpengaruh negatif karena bisa meningkatkan produksi beberapa hormon dan mengurangi hormon lainnya. Hal ini bisa membuat sinyal hormon tubuh menjadi kacau sehingga pengaturannya terganggu.

Pengaruh pertumbuhan payudara yang lebih dini pada anak memang belum diketahui. Tetapi jika anak mencapai pubertas yang lebih awal dibanding teman sebayanya mungkin mereka akan menjadi minder.

Pada jangka panjang, pubertas yang terlalu dini juga meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium. Hal ini terjadi karena paparan hormon-hormon ovarium yang terlalu lama.

Artikel ini telah tayang di bangkapos.com dengan judul Ini Penyebab Pertumbuhan Payudara Anak Perempuan Semakin Dini, http://bangka.tribunnews.com/2014/03/01/ini-penyebab-pertumbuhan-payudara-anak-perempuan-semakin-dini.


Makanan Jadi Penyebab Payudara Anak Lebih Cepat Tumbuh

JAKARTA - Sejatinya payudara akan tumbuh pada anak kecil di usia 8-9 tahun. Tapi ternyata, beberapa anak kecil yang payudara telah tumbuh dengan cepat.

Hal ini lantaran faktor makanan yang dikonsumsi oleh beberapa anak. Hal ini diungkapkan oleh Marketing Head Section Walcoat Jilly.

"Anak kecil akan terjadi perubahan payudara dari umur 8-9 tahun. Tapi anak-anak  sekarang lebih cepat, karena faktor makanan," ujar Jilly kepada Sindonews, di Jakarta.

Lebih lanjut Ia juga mengatakan, bahwa untuk anak-anak yang berusia 13 tahun disarankan menggunakan bra yang elastis. Namun tidak menggunakan bra yang berkawat.

"Kalau anak-anak di usia 13 tahun tidak disarankan untuk kawat besi dan elastis, soalnya enggak baik," katanya.
(nfl)


Cari  juga untuk wawasan Anda

  • ciri ciri tumbuh payudara pada anak
  • pertumbuhan payudara pada anak usia 7 tahun
  • pembesaran payudara pada anak perempuan
  • benjolan pada payudara anak kecil
  • benjolan kecil di payudara anak usia 7 tahun
  • ini membuat payudara tumbuh pada usia berapa pun
  • penyebab payudara anak cepat besar
  • tanda tanda payudara ingin membesar

Comments

Popular

Makalah Karakteristik Anak Usia Dini

Kata Pengantar Makalah Anak Usia Dini

Cara Mengamalkan Surat al-Waqiah untuk Rizki Berkah dan Kerja Sukses, Amin.