Usia Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Pendidikan anak usia dini (PAUD) kini harus lebih difokuskan pada usia 0-6 tahun. Mengapa dari usia 0? Ini sangat penting bagi perkembangan otak anak yang lebih mudah mencerna sejak usianya masih kecil.

Karena masih banyak di beberapa daerah atau orangtua yang berpikir bahwa pendidikan anak hanya bisa diberikan pada usia 5-6 tahun. Padahal, di empat tahun pertamanya anak seharusnya mendapatkan perhatian dan pendidikan lebih yang bisa dimaksimalkan saat ia bertambah usia. Karena dengan begitu, anak akan lebih berpotensi dalam memaksimalkan tumbuh kembangnya.

Saat ini, pemerintah daerah memang belum mewajibkan dalam mendukung program pendidikan anak usia dini pada umur 0-6 tahun karena masih belum wajib. Namun, PAUD ini telah menjadi salah satu program yang diprioritaskan oleh Departemen Pendidikan Nasional. Telah diperoleh berdasarkan Angka Partisipasi Kasar (APK) PAUD tahun 2008 mencapai angka 50,03% dari 29,8 juta anak.

Demi meningkatkan pendidikan anak usia dini, program tersebut dilakukan terutama di daerah terpencil yaitu, di 50 kabupaten dari 21 provinsi di Indonesia. Ini merupakan langkah awal dalam pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan-pelatihan pada pengelola PAUD di setiap desa.

Untuk itu, diperlukan adanya tingkat kesadaran dari masyarakat mengenai pentingnya pendidikan anak usia dini terutama pada umur 0-6 tahun. Dan ini perlu ditingkatkan kembali, khususnya di daerah pedesaan yang memang kurang peduli terhadap PAUD.

Banyak cara lain yang dapat ditempuh dalam meningkatkan pendidikan anak usia dini 0-6 tahun, yaitu dengan membuat suatu kelompok bermain. Mendukung program pendidikan anak usia dini, bisa dilakukan dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan kemampuan tumbuh kembang si kecil.

Comments

Popular

Buni Yani, Terjerat dari ayat Suci? Kok Dilupakan?

Sejarah dan Latar Belakang Berdirinya NU

Mengharukan Kisah Ustadz Felix, "Banser Berorot Setega Itukah Dirimu???"